Senin, 05 Februari 2018

Siap Gantikan Facebook, Globhy.com Punya Fitur Lebih Lengkap

PrazMedia - Indonesia punya sejuta bibit unggul yang siap menorehkan prestasi untuk bangsanya. Salah satunya ialah dalam dunia teknologi, terkhusus dalam dunia internet. Indonesia telah menyumbangkan banyak sekali karya dalam dunia Internet. Salah satunya yang terbaru dan hangat dibicarakan ialah Globhy.com. Situs sosial media yang dirilis pada 6 Januari 2018 lalu ini langsung menyita perhatian banyak warganet.
Globhy.com Siap Gantikan Facebook
Tampilan Login Globhy.com

Globhy.com salah satu situs bertemakan sosial media yang dibuat oleh anak bangsa. Hartanto, adalah CEO yang sekaligus pencipta situs sosial media ini. Dikutip dari janganbingung.com, Hartanto menuturkan, "Mulai Perkembangan sejak awal desember kemarin, diluncurkan untuk public (Versi Beta) tanggal 6 Januari 2018".

FITUR GLOBHY.COM LEBIH LENGKAP DARI FACEBOOK ?

Globhy.com Siap Gantikan Facebook
Beranda Globhy.com

Setelah membaca sedikit ulasan rinkas dari janganbingung.com, saya mencoba untuk menengok situs globhy.com secara langsung. Pada halaman utama saya sudah cukup takjub dengan tampilan desain yang disuguhkan. Elegan dan cukup mewakili kepribadian dari situs itu sendiri. Lantas bagaimana dengan fitur yang diberikan? Berikut ulasan singkatnya.

1. STATUS, FOTO, VIDEO, dan SHARELINK
Layaknya sosial media pada umumnya, Globhy juga memiliki fitur yang hampir sama seperti lainnya. Semacam Status, Upload Foto, Upload Video, ataupun Membagikan Link atau Tautan (Cocok buat penggiat sosial media). Semua didesain seramah mungkin agar pengguna dapat memanfaatkannya dengan maksimal.

2. GRUP dan HALAMAN
Globhy.com juga melengkapi situsnya dengan fitur grup dan halaman. Layaknya grup dan halaman pada facebook, disini kita juga bisa berdiskusi dengan pengguna lain, berbalas komentar, atau lainnya.

3. ARTIKEL, ALBUM FOTO, dan PERMAINAN
Layaknya catatan pada Facebook, Globhy juga menambahkan fitur Artikel yang berguna untuk menuliskan sebuah artikel atau hanya sekedar catatan. Bedanya, fitur artikel pada globhy lebih lengkap dibandingkan catatan pada facebook. Fitur artikel pada globhy lebih menyerupai halaman posting artikel pada sebuah laman blog. Fitur artikel pada globhy juga mendukung pemformatan berbasiskan kode HTML maupun CSS. Ditambah dengan pilihan kategori dan tag yang akan memudahkan pembaca menemukan artikel kita. Artikel yang kita tuliskan akan muncul pada menu Blog (baca ulasan ke-4)

Selain fitur artikel, fitur Album foto dan Permainan juga turut melengkapi fitur Globhy. Layaknya album foto pada sosial media lain, album ini mampu menyimpan banyak foto untuk disimpan. Fitur permainan juga akan membantu penguna agar tidak bosen ketika membuka situs ini. Sayangnya, hingga artikel ini dipublikasikan, Globhy hanya memiliki 2 Permainan saja, yakni : agar.io dan 8Ball.

4. BLOG, dan ONLINE SHOP
Yang menjadi pelengkap dari situs ini dibandingkan situs sosial lainnya ialah fitur Blog dan Online Shop. Fitur yang sangat jarang dimiliki sosial media lainnya ini menjadi nilai plus untuk kelengkapan fitur situs Globhy. Fitur blog akan sangat membantu kita dalam membagikan suatu berita atau informasi, dan tentu akan sangat membantu kalangan Blogger dan Penulis.  Artikel yang kita tuliskan pada fitur Artikel pada ulasan ke-3 tadi akan ditampilkan dalam satu halaman dengan artikel lainnya dari para pengguna.

Fitur yang lain ialah Market atau Online Shop. Fitur ini akan memungkinkan kita menjual barang lebih mudah. Hany tinggal mengisi data barang pada menu Produk Saya, maka barang akan ditampilkan pada halaman Market (pasar) sesuai dengan kategori barang. Ini akan memudahkan para pembeli dalam mencari dan menemukan produk yang diinginkan.

5. FORUM dan ACARA
Globhy juga dilengkapi fitur yang mungkin akan membantu kita dalam menemukan sebuah event atau diskusi. Fitur Forum merupakan jawaban bagi pencari solusi dari sebuah masalah. Didalam menu forum ini, kita akan disuguhkan banyak kategori diskusi. Mulai dari pemrogaman (HTML, CSS, JAVASCRIPT), Blogging (Blogger, Wordpress), Ekonomi dan Bisnis, hingga Religi atau Keagamaan.

Selain itu, Globhy juga memiliki menu Acara (Event) yang akan sangat membantu kita dalam menemukan event yang sesuai dengan kita, atau event yang mungkin akan dilaksanakan disekitar kita.

6. AUDIO dan BERKAS
Fitur ini menjadi pelengkap dibanding sosial media lainnya. pada fitur ini kita diijinkan untuk mengunggah sebuah file audio (Musik, atau Rekaman), dan juga file berkas lainnya (Archive, Dokumen, atau lainnya). Kita dengan mudah dapat membagikannya secara umum (Publik) atau khusus.

7. PROFIL dan DESAIN
Layaknya sosial media pada umumnya, Globhy juga memiliki halaman profil yang dinamis, atau dapat kita ubah sesuai dengan kebutuhan. Halaman untuk mengatur profil disuguhkan dengan tampilan yang elegan dan friendly dengan pengguna. Selain itu tampilan pada profil juga disuguhkan dengan simple dan postingan kita akan dikategorikan dalam teks, foto video, suara, berkas dan singgahan.

Desain yang menjadi daya tarik dari sosial media ini ialah, desain yang elegan dan simple. Dapat dilihat dari halaman awal (Login), Beranda, ataupun profil. Selain itu, desain dinamis juga disematkan mas Hartanto (pemilik Globhy) dalam situs ini. Tepatnya pada pengaturan > Desain, disini kita dapat mengatur desain profil kita sesuai dengan kesukaan kita. Dapat mengatur background profil kita dengan gambar atau foto yang kita inginkan.

8. STORY
Mengadopsi story pada Instagram, Facebook, dan Whatsapp. Pada Golbhy juga disediakan fitur ini. Bedanya, pada saat mengunggahnya hanay dibutuhkan gambar atau video, sehingga kita tinggal membei judul, atau caption saja.Sayangnya belum menyedikan hubungan dengan kamera ataupun webcam pada Globhy ini.
9. VERIFIKASI
Yang menjadi nilai tambah bagi saya ialah fitur verifikasi akun yang sangat mudah. Sebenarnya ini bukan verifikasi pengaktifan akun, ini hanya memberi tanda centang warna biru pada nama kita. Sehingga menandakan bahwa akun tersebut adalah oficial atau resmi.

Caranya sangat gampang, kita hanya tinggal meminta permintaan verifikasi dengan melampirkan Scan KTP dan Foto diri. Maka akan dilakukan moderasi oleh admin dan akan diverifikasi oleh admin. Tenang, adminnya sering online kok.

10. HASTAGE / TAGAR
 Yang memudahkan kita menemukan berita atau topik ialah Hastage atau Tagar. Tagar sering digunakan untuk menandai topik apa yang dimuat. Selain itu juga digunakan dalam melakukan pencarian berita atau postingan. Fitur yang diadopsi dari Twitter ini juga tersedia pada Globhy.com.

PENUTUP

Vitur di atas saya rasa cukup lengkap untuk menggambarkan Globhy.com dengan kelengkapan fiturnya.  Dengan maraknya isu akan pemboikotan produk AS. Yang kemungkinan besar facebook dan beberapa sosial media lainnya akan hangus. Maka setidaknya Globhy.com mapu menjadi alternatif dan pengganti facebook. Yang tentunya akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dibidang Teknologi.

Artikel Terkait

Siap Gantikan Facebook, Globhy.com Punya Fitur Lebih Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email