Sabtu, 26 Agustus 2017

Cara Mencegah Artikel Di Copas AGC

STOP COPY-PASTE
Gbr. dari : ALFA ARTS

PrazMedia - Memiliki halaman blog dengan konten dan artikel yang originial (buatan sendiri) memang hal yang membanggakan. Pasalnya, karena artikel dan konten dibuat dengan akal dan pikiran sendiri. Namun bagaimana jika di-COPAS ?? Memang sangat menjengkelkan. Kali ini saya coba bagikan Cara Mencegah Artikel Di Copas oleh Blog AGC. silahkan disimak baik-baik.

APA ITU AGC ?

AGC (Auto Generate Content) atau sering disebut Autoblog adalah sebuah halaman blog yang senaja dibuat oleh seseorang, yang memiliki sebuah kelebihan yakni mampu memproduksi konten (artikel, gambar, dan lainnya) secara otomatis. Dengan fitur ini, sang pembuat atau pemilik halaman blog ini akan sangat terbantu. Karena pemilik bisa mendapatkan banyak sekali artikel di halaman blognya tanpa harus menulisnya sendiri. Sehingga akan sangat membantu untuk pemilik blog yang tidak memiliki skill dalam penulisan artikel atau pembuatan konten. Selain itu, pemilik blog AGC juga tidak akan kehilangan banyak waktu, karena blog mereka bisa memproduksi konten dengan sendirinya.

BAGAIMANA AGC MENDAPATKAN ARTIKEL ? 

Secara singkat, pemahaman AGC ini cukup mudah dipahami. Yaitu hanya dengan mamanfaatkan fitur pengeposan bawaan blogger, dan memanfaatkan Umpan (Feed) dari sebuah blog yang TERBUKA. Biasanya untuk mendapatkan hasil maksimal AGC ini biasanya dibantu dengan plugin-plugin tertentu. Untuk cara kerjanya yakni, dari situs asli (situs 1) yang memposting artikel pasti akan menciptakan sebuah umpan (feed) yang terdapat secara sembunyi dari sebuah blog. Fungsi feed ini sendiri yaitu sebagai umpan untuk search engine (mesin pencari) untuk membaca halaman situs ini  Dari feed atau umpan ini, sang palaku akan mengambil feednya dan mempostingnya pada situs AGC (situs 2).
BAGAIMANA BISA ? Ya, karena feed ini berisi tentang isi keseluruhan artikel yang telah dipublikasikan oleh situs 1. Karena berisi konten-konten, feed ini dimanfaatkan untuk di gunakan pada blog AGC

MENGAPA AGC MERUGIKAN ?

AGC dapat dikatakan merugikan sang pemilik situs asli (situs 1). Bagimana tidak, jika dilogika, sang pemilik atau penulis situs 1 dengan mengerahkan segala kemampuan akal dan pikirannya untuk mencipatkan sebuah konten (yang lama-kelamaan juga banyak). Sang pembuat ini dengan berbagai gaya penulisannya ia ciptakan agar sang pembaca atau pengunjung halman situsnya dapat mahami isi dari konten yang telah ia ciptakan Namun, dengan adanya AGC atau AUTOBLOG ini, sang pelaku atau pemilik situs 2 hanya akan mencopas atau menyalin konten karya penulis situs 1 dan menempelkannya pada situs miliknya, yakni situs 2.

Dengan gambaran yang GAMBLANG seperti di atas, pasti sudahtergambar di pikiran kalian bahwa situs AGC ini sangat merugikan.  Bisa dibilang bahwa ini KASUS HAK CIPTA. Maka dari itu, perlu bagi kita untuk melindungi artikel atau konten karya kita. 

BAGAIMANA CARA MELINDUNGI ARTIKEL AGAR TIDAK DICOPAS ?

Sebagaimana tadi saya sebut, bahwa sang pelaku AGC akan menggukanan RSS atau Feed blog kita untuk mencuri konten milik kita. Maka dari itu, untuk mengatasinya yakni dengan mengamankan feed blog kita sendiri. Bagaimana Caranya ? Berikut ini salah satu cara melakukannya.

1. Buat sebuah Feed yang terpisah dengan blog. Dengan memanfaatkan fitur dari pihak ketiga penyedia layanan feed ini, kita bisa melindungi feed kita. Jadi untuk followers atau pengikut blog kita hanya akan mendapat cuplikan atau potongan artikel kita. Sehingga untuk mendapatkan artikel kita harus dengan mengunjungi halaman aslinya.

cara membuatnya yakni :
-  masuk ke Google FeedBurner
- Masukkan feed default blog kita. ada kolomnya. dan klik NEXT
Feed Defaultnya :
http://yoursite.blogspot.com/feeds/posts/default/
Membuat FeedBurner
membuat feedburner
[!] untuk langkah selanjutnya akan diupdate. Sementara bisa googling dulu ya :)

 2. Buat Feed Blog Menjadi Singkat. cara ini adalah lanjutan dari cara diatas. Setelah selesai membuat feedburner, lakukan cara berikut :

- Masuk ke feedburner blog kamu.
- Pilih tab Optimize, lalu pilih Summary Burner
Membuat Feed Singkat
Membuat Summary Feed
- Pada kolom Maximum Length, tentukan jumlah karakter yang akan ditampilkan (saran: 200 - 500). Sedangkan pada Teacher, masukkan kata-kata sesuai keinginanmu.
- Selanjutnya klik Active dan SAVE.

3. Merubah Feed Default Blogger. Langkah ini untuk memanipulasi feed bawaan (default) dari blogger yang awalnya FULL menjadi SUMMARY (atau Singkat). Langkah yang perlu dilakukan ialah :

- Masuk Dashboard Blogger
- Pergi ke Pengaturan (Setting) dan pilih Lainnya.
- Pada Izinkan Umpan Blog, Atur seperti gambar di bawah ini.
Mengatur Umpan Blog
Atur Umpan Blog
- Pada kolom URL Alihan Feed... bisa dilihat pada feedburner. Tepatnya pada tempat berikut (Lihat Gambar di Bawah) 
Setting FeedBurner
Klik pada tanda Merah, ambil URL pada Garis Biru
- Setelah umpan (feed) sudah diterapkan pada blogger. Maka bisa langsung disimpan

Dengan cara singkat di atas, sudah cukup mempersulit para copasser atau pemilik AutoBlog untuk mengambil konten kita melalui celah Feed Kita. Sebelumnya pastikan tidak ada Duplikat Feed pada Feedburner kamu. Maksutnya ialah, tidak ada 2 feed yang sama dalam satu feedburner. Hal ini untuk memperkecil celah umpan yang bisa diambil oleh copasser. Sekian artikel singkat mengenai "Cara Mencegah Artikel Di Copas AGC". Jika ada masukan, kritik, saran, atau pertanyaan bisa di sampaikan melalui kolom komentar.

Artikel Terkait

Cara Mencegah Artikel Di Copas AGC
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email